Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Buruh Aussie antara Albanese dan Shorten

Kompas.com - 09/09/2013, 15:15 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Partai Buruh Australia alias Aussie (ALP) tengah menggadang-gadang dua nama untuk tampuk kepemimpinan berikut. Catatan AAP pada Senin (9/9/2013) menunjukkan Anthony Albanese bakal berhadapan dengan Bill Shorten.

Albanese saat ini adalah pemimpin petahana ALP. Termutakhir, ALP baru saja mengakui kekalahan Kevin Ruud saat untuk kursi perdana menteri Negeri Kanguru itu, kemarin. Lawannya, sang pemenang adalah Anthony Abbot dari Partai Liberal.

Sementara itu, Kevin Ruud sudah mengumumkan kalau dirinya tak akan ikut serta dalam kontes kepemimpinan ALP. Selain Rudd, dua anggota parlemen Australia dari ALP juga sudah mengatakan tak ikut bursa pemilihan. Keduanya adalah mantan menteri keuagan Chris Bowen dan Wayne Swan. "Tapi, saya akan mengikuti kebijakan pemimpin ALP terbaru,"kata Bowen.

Adalah Kevin Ruud yang membuat peraturan teranyar pemilihan ketua ALP. Andai ada lebih dari satu kandidat ketua, hanya kaukus ALP yang diizinkan memasukkan nama calon pemimpin. Kepemimpinan nantinya akan berdasarkan pada 50 persen suara kaukus dan 50 persen suara akar rumput ALP.

Konsultasi

Sementara itu, Bill Shorten dalam salah satu pernyataannya mengatakan kalau dirinya bakal berkonsultasi dengan keluarganya. "Saya akan berkonsultasi dengan keluarga sebelum memutuskan ikut atau tidak dalam pemilihan ketua ALP,"katanya.

Petahana Anthony Albanese sejatinya sudah dua kali jadi penantang dalam pemilihan ketua ALP. Selain bakal menyaingi Shorten, Albanese sempat pula menjadi pesaing Kevin Rudd.

Sementara itu, Bill Shorten dalam catatan media lokal mendapat dukungan dari Simon Crean. Tokoh ini pun pernah menjadi orang nomor satu di ALP.

"Bill Shorten adalah person yang mengerti pergerakan secara luas, paham bisnis, dan memiliki gaya kepemimpinan tersendiri,"kata Simon Crean dalam wawancara dengan ABC, Sabtu pekan lalu.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com