Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ups! Pangeran Andrew Dikira Penyusup di Istananya Sendiri

Kompas.com - 09/09/2013, 14:20 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Polisi melihat seorang pria di taman Istana Buckingham di London dan menghentikannya. Polisi khawatir orang itu mungkin penyusup.

Ups... ternyata orang yang dihentikan itu Pangeran Andrew, Duke of York. Dia sedang keluar berjalan-jalan melewati taman pada sore hari itu. Andrew, putra Ratu Elizabeth II, lahir di Istana itu tahun 1960, berkantor di sana, dan menghabiskan sebagian besar waktunya di situ.

Dua petugas berseragam melihat dia pada sekitar pukul 18.00, Rabu (4/9/2013) lalu, dan mendekatinya "untuk memverifikasi identitasnya". Demikian kata Kepolisian Metropolitan London dalam sebuah pernyataan. "Pria itu diidentifikasi dengan baik."

"Polisi punya tugas sulit untuk melakukan dengan seimbang pengamanan bagi keluarga kerajaan dan mencegah para penyusup dan kadang-kadang mereka bisa keliru," kata Pangeran Andrew, saudara Pangeran Charles dan mantan suami dari Sarah "Fergie" Ferguson, dalam sebuah pernyataan. "Saya berterima kasih atas permintaan maaf mereka dan berharap di masa mendatang bisa berjalan aman di taman."

Seperti biasa, pers Inggris gempar dengan kabar itu. Sejumlah laporan, yang kemudian ternyata salah, melaporkan bahwa para petugas itu menodongkan senjata. Sebuah media menulis bahwa pangeran "dihentikan dengan todongan senjata".

Menurut pihak berwenang, tidak ada kekerasan yang digunakan dan tidak ada senjata yang ditodongkan.

Para pengawal sedang waspada tinggi ketika insiden itu terjadi. Soalnya, dua hari sebelumnya, terjadi pelanggaran keamanan di Istana Buckingham. Seorang pria memanjat pagar pengaman dan memasuki gedung Istana itu sebelum ditahan. Pihak berwenang menangkapnya karena pencurian, penerobosan, dan kejahatan memasuki properti pibadi. Seorang pria lain ditangkap, kemudian atas tuduhan berkonspirasi untuk melakukan pencurian. Insiden tersebut menjadi berita utama di seluruh dunia.

Kejadian itu merupakan yang terbaru dalam serangkaian pelanggaran keamanan selama bertahun-tahun. Tahun 2004, "Batman" memanjat pagar dan berdiri di pagar untuk menyampaikan protes tentang hak-hak ayah. Setahun sebelumnya, di istana kerajaan yang lain, yaitu Windsor Castle, kedatangan tamu tak diundang; saat seseorang berpakaian seperti Osama bin Laden muncul di pesta ulang tahun Pangeran William.

Kedua insiden itu tidak serius, lebih pada upaya mencari perhatian para pelaku ketimbang mengancam keselamatan keluarga kerajaan. "Batman" hanyalah seorang ayah yang bermasalah dan "Bin Laden" hanya seorang pelawak.

Namun, dugaan pencuri pada hari Senin lalu tampak berbeda. Itu merupakan sebuah masalah yang lebih serius. Perbandingannya kira-kira sama dengan peristiwa tahun 1982 saat seorang pria melenggang sampai ke samping tempat tidur Ratu Elizabeth. Ratu berbicara dengan penyusup itu sampai bantuan kemudian datang.

Adapun bagi Pangeran Andrew, insiden taman itu bukan pengalaman pertamanya dengan petugas keamanan yang tidak beres. Tahun 2003, seorang pengawal secara tidak sengaja melepaskan tembakan saat mengosongkan senjatanya di rumah sang pangeran itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com