Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militan Filipina Serang Kota Zamboanga

Kompas.com - 09/09/2013, 12:08 WIB



Pemberontak Muslim Filipina, Senin (09/09), menyerbu kota pelabuhan Zamboanga dan menyandera 12 orang warga. Sebelum penyerangan, sekitar 100 orang pemberontak terlibat bentrok dengan patroli Angkatan Laut Filipina di laut.

Polisi dan tentara telah dikerahkan untuk mengepung area Rio Hondo di Zamboanga. Kepala polisi regional Juanito Bano mengatakan para gerilyawan Front Pembebasan Nasional Moro diduga menyandera antara 10 hingga 15 orang.

"Kami telah mengepung mereka," kata Bano pada radio lokal DZMM seperti dilaporkan kantor berita AP. "Mudah-mudahan kami bisa membebaskan warga sipil dan menangkap para penyerang."

Keterangan resmi pemerintah mengatakan satu orang prajurit Angkatan Laut dan 10 petugas kepolisian terluka dalam insiden itu.

Pasukan anti terorisme AS sejak 2002 memberikan pelatihan kepada pasukan Filipina. Pusat pelatihan berada di kota Zamboanga. Kelompok Moro menandatangani perjanjian perdamaian 1996 dengan pemerintah, tetapi ratusan pejuangnya masih memiliki senjata.

Mereka juga menuduh pemerintah melanggar janji mereka untuk membentuk daerah khusus otonomi Muslim di negara yang mayoritas warganya adalah pemeluk Katolik Roma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com