Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2013, 11:46 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Mesir bakal menulis ulang konstitusinya lantaran beberapa amandemen terhadap konstitusi tersebut pascatergulingnya Presiden Mohamed Morsi. Adalah Amr Moussa yang mengatakan hal itu setelah dirinya terpilih sebagai ketua panel yang meneliti kembali
bahan-bahan konstitusi Negeri Piramida itu. "Kemungkinan, akan ada rencana awal konstitusi sebagai amandemen yang lama,"kata Moussa pada Senin (9/9/2013) sebagaimana warta MENA.

Tim pimpinan Moussa itu berjumlah 50 orang. Berangkat dari kasus Morsi, ada 10 anggota komite hukum yang ditunjuk untuk menyiapkan bahan amandemen terhadap rancangan konstitusi di masa pemerintahan Morsi. Referendum pada Desember 2012 menyetujui rancangan konstitusi versi Morsi dengan 30 persen dukungan. Rancangan itu akhirnya ditunda pada awal Juli 2013 setelah Morsi dilengeserkan.

Sementara itu, panel pimpinan Moussa punya tenggat 60 hari untuk membenahi proposal amandemen yang disiapkan 10 anggota komite tersebut.

Berangkat sejak 2011, bongkar pasang, termasuk menulis ulang konstitusi adalah kali ketiga bagi Mesir.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com