Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terobos Istana Buckingham, 2 Pria Ditahan Polisi

Kompas.com - 08/09/2013, 03:03 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Kepolisian Inggris, Sabtu (7/8/2013), mengatakan telah menangkap dua orang pria yang sempat menerobos masuk ke dalam Istana Buckingham, London, tempat tinggal resmi Ratu Elizabeth II.

Juru bicara kepolisian metropolitan London mengatakan, tak ada seorangpun keluarga kerajaan Inggris yang berada di istana saat insiden yang terjadi awal pekan ini.

"Pria itu ditemukan di area yang baru saja dibuka untuk publik pada siang hari. Dia ditangkap dengan tuduhan perampokan, masuk secara ilegal, dan melakukan perusakan," kata polisi.

Orang kedua ditangkap di luar pagar istana karena bekerja sama untuk melakukan perampokan.

"Evaluasi terkait peristiwa ini sedang dilakukan," tambah si juru bicara.

Sejauh ini tidak diketahui dengan jelas mengapa polisi baru mengumumkan penangkapan itu lima hari setelah peristiwa berlangsung.

Insiden ini adalah salah satu kasus keamanan di Istana Buckingham yang paling serius sejak 1982. Saat itu, seorang pengangguran Michael Fagan, berhasil masuk ke kamar pribadi Ratu Elizabeth II, saat Ratu tengah tidur.

Fagan sempat berbincang selama 10 menit dengan Ratu Elizabeth II setelah berhasil memanjat dinding istana.

Ratu baru menyalakan alarm keamanan setelah Fagan meminta sebatang rokok.

Ratu Elizabeth (87) saat ini sedang menikmati musim panas di Istana Balmoral, Skotlandia. Ratu dijadwalkan hadir dalam acara tradisional Highland Games.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com