Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ucapan Selamat Tahun Baru dari Presiden Iran, Ditanggapi Dingin Netanyahu

Kompas.com - 08/09/2013, 02:50 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com - Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, Sabtu (7/9/2013), mengabaikan laporan yang menyebut presiden dan menlu Iran memberikan selamat bagi umat Yahudi yang merayakan tahun baru.

Pesan Twitter yang dikirim Presiden Hassan Rohani dan Menlu Javad Zarif yang mengucapkan selamat Rosh Hashanah -tahun baru Yahudi- menjadi berita utama sejumlah media Israel.

Pernyataan ini merupakan perubahan signifikan yang dilakukan Rohani dari pendahulunga Mahmoud Ahmadinejad yang dikenal sangat anti-Yahudi dan Israel.

Ahmadinejad, yang lengser dari jabatannya bulan lalu, bahkan kerap menyerukan penghancuran Israel.

Namun, perubahan Iran ini tidak membuat PM Benyamin Netanyahu terkesan.

"Rezim Iran hanya akan dinilai dari tindakannya dan bukan dari ucapan  selamat yang tujuannya hanya untuk mengalihkan perhatian dari program nuklirnya," ujar Netanyahu.

Netanyahu malah meminta komunitas internasional memperketat sanksi atas Iran sebagai upaya menghentikan aktivitas nuklir negeri itu.

Hubungan antara Iran dan Israel tidak pernah berada dalam kondisi baik. Hubungan kedua negara semakin buruk setelah Israel khawatir program nuklir Iran akan membayakan negeri Yahudi itu.

Namun, berulang kali Iran membantah sedang mengembangkan persenjataan nuklir. Pemerintah Iran menyatakan program nuklir itu adalah murni untuk tujuan damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com