Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kevin Rudd, Diplomat yang "Gape" Berbahasa Mandarin

Kompas.com - 07/09/2013, 14:28 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Kevin Rudd adalah unggulan Partai Buruh (ALP) dalam pemilihan umum Australia pada Sabtu (7/9/2013). Dia lahir di Queensland pada 1957. Kevin lulus pada 1981 dari Australian National University di Canberra untuk studi Asia. Ketertarikannya pada Asia membuat dirinya belajar bahasa Mandarin.

Kevin Rudd terbilang gemar berpolitik. Kali pertama dirinya berpolitik saat masuk Partai Buruh pada 1972 dalam usia 15 tahun.

Ketertarikannya kepada dunia Asia pula yang membuat dirinya menjadi diplomat di Beijing. Di negeri itu, dia makin getol mempraktikkan kepiawaiannya berbahasa Mandarin.

Tak cuma itu, pada suatu masa sebelum menjadi pejabat negara, Rudd juga sukses sebagai konsultan yang membangun jaringan bisnis dengan China melalui perusahaan konsultan keuangan KPMG. Selain di China, Rudd pernah bertugas pula di Stockholm.

Pada 1998, ia mendapat kursi di parlemen Federal Griffith untuk ALP pada 1998. Pada 4 Desember 2006, ia memimpin parlemen. Pada 2007, Kevin Rudd memenangi pemilu Australia.

Pada 2010, tulis AP, Julia Gillard mengalahkan dia di ALP. Namun, pada 26 Juni 2013, giliran Rudd yang melengserkan Gillard untuk kembali memimpin Australia.

Kevin Rudd kini menjadi petahana dan berhadapan dengan Tony Abbott. Saat ini, Rudd dan Therese, istrinya, memunyai tiga anak, yakni Jessica, Nicholas, dan Marcus.

  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com