Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Drone" AS Habisi Komandan Senior Jaringan Haqqani Pakistan

Kompas.com - 06/09/2013, 18:14 WIB
PESHAWAR, KOMPAS.com - Mullah Sangen Zadran, seorang komandan senior jaringan Haqqani yang terkait Al-Qaeda, diyakini menjadi salah seorang korban serangan "drone" AS pada Jumat (6/9/2013) dini hari.

Sejumlah pejabat Pakistan mengatakan Mullah Sangen Zadran menjadi salah seorang paling dicari karena dianggap mendalangi sejumlah penculikan dan mengirim ratusan pejuang asing ke Afganistan.

Di mata PBB dan Amerika Serikat, Sangen Zadran adalah seorang teroris. Zadran diduga kuat menjadi satu dari enam korban tewas serangan drone AS pada Jumat dini hari di Waziristan Utara, Pakistan.

AS menuding jaringan Haqqani, sebuah faksi Taliban yang ikut memerangi pemerintah Afganistan, sebagai dalang sejumlah serangan maut dalam beberapa tahun terakhir.

Kematian Zadran diumumkan di sebuah masjid di Miranshah, kota utama Waziristan Utara, dan dikabarkan pemakaman Zadran digelar pada Jumat sore.

Dua anggota intelijen Pakistan yang tidak mau disebutkan namanya, membenarkan kematian Mullah Sangen Zadran. Mereka menambahkan seorang pejuang Haqqani beretnis Arab juga tewas bersama Zadran.

Para pejabat Pakistan mengatakan, drone AS itu melepaskan dua peluru kendali dan menghancurkan sebuah rumah di Darqah Mandi, basis terkuat Haqqani yang terletak 10 kilometer dari Miranshah.

Pada 2011, AS menggambarkan Zadran sebagai gubernur tandingan di Paktika, salah satu provinsi paling bergolak di perbatasan Afganistan-Pakistan.

Dia juga dikenal sebagai tangan kanan pemimpin jaringan Haqqani, Sirajuddin Haqqani.

Zadran diyakini AS kerap memimpin serangan di wilayah tenggara Afganistan dan merencanakan pergerakan ratusan pejuang asing ke dalam wilayah Afganistan.

Zadran juga dihubungkan dengan aksi bom pinggir jalan dan diduga kuat menjadi otak penculikan warga Afganistan dan asing di sepanjang perbatasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com