Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2013, 16:19 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Perdana Menteri Inggris David Cameron, Jumat (6/9/2013), mengumumkan tambahan dana sebesar 52 juta poundsterling atau sekitar Rp 942 miliar untuk membantu sekitar dua juta pengungsi Suriah.

Komitmen Inggris ini disampaikan Cameron saat dia menjadi ketua pertemuan yang membahas bantuan kemanusiaan di KTT G-20 St Petersburg, Rusia.

Dalam pertemuan ini, Cameron juga meminta kepada pemimpin dunia lainnya untuk berupaya memenuhi permintaan bantuan dana PBB sebesar 900 juta poundsterling atau Rp 16 triliun untuk para pengungsi Suriah.

"Saat kita duduk di sini, setiap 15 detik, seorang warga Suriah menjadi pengungsi sehingga ada 5.000 orang meninggalkan kediamannya dan menjadi pengungsi selama kita mengikuti KTT G-20 ini," ujar Cameron.

Sebelum perang, jumlah penduduk Suriah tercatat 20,8 juta jiwa. Kini sekitar sepertiganya telah meninggalkan negerinya demi mencari keselamatan di negeri tetangga.

"Kondisi ini merupakan sebuah krisis kemanusiaan dalam proporsi yang tak terbayangkan di masa modern," kata Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

Bantuan dana Inggris sebesar 52 juta poundsterling itu membuat total dana bantuan pengungsi yang dikumpulkan PBB menjadi 400 juta poundsterling, masih jauh dari target yang ditentukan.

Sebelumnya, PM David Cameron melakukan pertemuan pribadi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di tengah meningkatnya ketegangan internasional terkait langkah penyelesaian konflik Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com