Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kongres AS Mulai Bahas Otorisasi Serangan Militer atas Suriah

Kompas.com - 06/09/2013, 07:58 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Para analis mengatakan, prediksi suara ke-435 anggota DPR itu menunjukkan bahwa Presiden Barack Obama kini menghadapi perjuangan legislatif terberatnya, dengan pertaruhan paling tinggi atas kredibilitas Amerika.

Sambil mengacu pada gambar-gambar mengerikan dari dugaan serangan senjata kimia itu, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan di hadapan para anggota komisi itu bahwa dunia terus mengamati.

“Dunia tidak hanya mengamati apa keputusan kita, tetapi juga mengamati bagaimana kita mengambil keputusan ... apakah kita bisa menyatukan suara atas nama Amerika,” papar Kerry.

Anggota DPR Eliot Engel dari Partai Demokrat sepakat. Ia mengatakan, “... isu yang kita hadapi saat ini jauh lebih besar dari penggunaan senjata kimia di Suriah. Kita berbicara mengenai kredibilitas Amerika sebagai kekuatan global.”

Namun, sejumlah anggota DPR lainnya, termasuk Michael McCaul dari Partai Republik, menyuarakan kekhawatiran akan aksi militer karena melihat berbagai elemen kelompok oposisi di Suriah.

McCaul mengatakan, “Kekhawatiran saya adalah serangan apa pun terhadap rezim di Suriah, separah apa pun itu, akan memperkuat kelompok-kelompok radikal Islamis di pihak oposisi dan kita sudah menyaksikan hal tersebut sebelumnya.”

Analis politik Stuart Rothenberg mengatakan, perhitungan tidak resmi dari anggota-anggota DPR mengisyaratkan resolusi untuk otorisasi serangan militer akan sulit, tetapi tidak mustahil lolos.

“Banyak presiden punya cara untuk memaksa, memohon, dan memberi janji sebelum pemungutan suara, dan sering kali mereka sukses dengan suara tipis. Tetapi, ini bukan berarti mereka akan berhasil,” kata Rothenberg.

Ketua DPR John Boehner dari Partai Republik mengatakan, ia akan mendukung resolusi itu, dan mengimbau rekan-rekan partainya untuk bergabung. Tetapi, Boehner sudah sering mendapat perlawanan dari dalam partainya.

Rothenberg menambahkan, “Ini bukan situasi berdasarkan partai di mana jika pemimpin Partai Republik di DPR mengimbau pilihan tertentu, rekan-rekannya akan menuruti. Faktanya, saat ini apa pun yang diimbau Boehner, bisa dipastikan 30 atau 40 anggota DPR dari Partai Republik akan melakukan sebaliknya.”

Dunia akan terus mengamati ketika DPR dan Senat Amerika kembali bersidang minggu depan dengan fokus Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com