Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Langsung Penerbangan Dongkrak Kedatangan Turis ke Brisbane

Kompas.com - 06/09/2013, 06:13 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

BRISBANE, KOMPAS.com — Jumlah turis Asia yang datang ke negara bagian Queensland naik enam persen sepanjang 2012-2013, menurut survei International Visitor Data. Bertambahnya rute penerbangan langsung, diduga punya kaitan erat dengan lonjakan jumlah turis ini.

Dikutip dari Brisbane Times, Jumat (6/9/2013), kedatangan turis Asia terutama dari Singapura, Indonesia, dan India ke Queensland mencatatkan kenaikan cukup tinggi, mencapai 13 persen, melampaui rerata kedatangan mereka di seluruh Australia yang tercatat 9 persen.

Kenaikan ini menurut survei tersebut antara lain dipacu tersedianya rute penerbangan langsung. Jumlah turis Singapura bertambah 20.000 orang setelah dibuka rute penerbangan langsung dari Singapura ke Gold Coast, menjadi salah satu bukti pendukung.

Sementara Ketua Dewan Pariwisata Queensland Daniel Gshwind merujuk kenaikan tersebut berkorelasi dengan rute baru dari Indonesia. Garuda kembali terbang ke Brisbane pada Agustus 2013 setelah lima tahun absen. “Garuda yang kembali terbang ke Brisbane adalah salah satu contoh bagaimana sektor penerbangan memacu sektor pariwisata,” tuturnya.

“Tentu kami akan meneruskan strategi proaktif dari industri pariwisata dan dari pemerintah untuk mempertahankan hubungan baik dengan maskapai penerbangan serta terus mengembangkannya,” imbuh Gshwind.

Daerah tropis di utara Queensland mencatat kenaikan kedatangan jumlah turis tertinggi sebesar 15 persen atau 709.000 turis asing, dan mulai menyusul tujuan wisata yang sudah lebih dikenal seperti Gold Coast yang dikunjungi 778.000 turis dan Brisbane dengan 992.000 turis.

Saat ini turis China masih memegang rekor kedatangan terbanyak ke Queensland, dengan 296.000 orang, atau naik 24 persen dibandingkan tahun lalu. China Southern Airlines juga berencana menambah rute penerbangan langsung dari Guangzhou ke Brisbane menjadi setiap hari mulai November 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com