Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenderal Inggris Menilai Pasukan Afganistan Sangat Efektif

Kompas.com - 05/09/2013, 17:55 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Panglima militer Inggris di Afganistan, Letnan Jenderal John Lorimer, Kamis (5/9/2013), mengatakan, militer negara itu terbukti merupakan pasukan yang efektif dalam bertugas.

Menurut Letjen Lorimer, pasukan Afganistan sudah memperlihatkan ketahanan dan kemampuan dalam menghadapi serangan Taliban.

"Jika berperang dengan musuh yang kejam, Anda tidak bisa terhindar dari akan jatuhnya sejumlah korban," jelasnya dalam wawancara dengan BBC di Kabul.

"Mereka membangun para pemimpin. Mereka mengambil langkah di depan, berperang melawan pemberontak," lanjut Lorimer.

Komentar Letjen Lorimer ini disampaikan di tengah meningkatnya jumlah korban jiwa akibat serangan kelompok militan dalam beberapa waktu belakangan.

Kepolisian Afganistan mengakui jumlah polisi yang tewas dalam periode enam bulan belakangan meningkat dua kali lipat dibanding periode yang sama dua tahun sebelumnya.

Bagaimanapun—seperti dilaporkan wartawan BBC di Kabul, Karen Allen—komentar panglima Inggris di Afganistan itu menjadi keyakinan bagi pasukan Afganistan yang kini memimpin operasi tempur menjelang penarikan mundur pasukan NATO.

Saat ini, kurang dari 8.000 tentara Inggris masih berada di Afganistan, bersama pasukan Amerika Serikat dan negara-negara anggota NATO lainnya yang jumlah totalnya diperkirakan 100.000 anggota.

NATO sudah menyerahkan tanggung jawab keamanan kepada pasukan Afganistan sebelum mundur dari Afganistan akhir tahun depan.

Pasukan tempur asing akan meninggalkan negara ini pada akhir 2014, tetapi jumlah pasukan asing yang masih akan tetap tinggal di Afganistan masih dirundingkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com