Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlian Putih Terbesar di Dunia Akan Dilelang

Kompas.com - 05/09/2013, 17:39 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com — Sebuah berlian seberat 118 karat dari Afrika yang didaulat sebagai berlian putih terbesar di dunia saat ini tengah dipamerkan di rumah lelang Sotheby's, Manhattan, New York.

Batu mulia berbentuk oval yang baru dua tahun lalu ditambang dan dibentuk itu diperkirakan berharga antara 28 juta hingga 35 juta dollar AS atau antara Rp 325 miliar hingga Rp 405 miliar.

"Dari sisi ukuran, kualitas, dan cahayanya, berlian ini adalah yang terbaik yang pernah kami jual," kata Wakil Ketua Sotheby's Asia, Quek Chin Yeow.

Berlian ini ditemukan pada 2011 sebagai sebuah bongkahan berlian mentah sebera 299 karat di sebuah negara Afrika yang namanya dirahasiakan Sotheby's.

Pengelola rumah lelang itu juga mengatakan pemilik berlian ini juga meminta identitasnya tidak diungkapkan.

Rekor harga penjualan sebuah berlian putih saat ini adalah 26,7 juta dollar AS atau sekitar Rp 309 miliar.

Batu berbentuk buah pir itu memiliki berat lebih dari 101 karat dan terjual di rumah lelang Christie's di Geneva, musim semi lalu.

Tiga berlian putih lain dengan berat di atas 100 karat sudah dilelang Sotheby's pada 1990, 1993, dan 1995.

Batu mulia ini menurut rencana akan dilelang di Hongkong pada 7 Oktober mendatang. Benda berharga lain yang turut dilelang adalah sebuah berlian biru berbentuk bulat seberat 7,6 karat dengan perkiraan harga mencapai 19 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com