Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seminggu Silam, 9.400 Pengungsi Suriah Masuk ke Turki

Kompas.com - 03/09/2013, 17:28 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sejak seminggu silam, sedikitnya 9.400 pengungsi Suriah masuk ke selatan Turki. Menurut warta AP pada Selasa (3/9/2013), para pengungsi itu masuk melalui pintu perbatasan Cilvegozu di Provinsi Hatay. Gubernur Hatay Celalettin Lekesiz membenarkan hal itu.

Turki yang menjadi sekutu Suriah memunyai sekitar 910 kilometer garis perbatasan langsung dengan Suriah. Tercatat, sejak krisis Suriah merebak dua tahun silam, Turki sudah menjadi penampungan sementara bagi sekitar setengah juta pengungsi Suriah.

Di Hatay, pemerintah Turki membangun 12 lusin tempat penampungan bagi 200.000 pengungsi Suriah. Sementara, sekitar 300.000 pengungsi Suriah lainnya berada di kota-kota perbatasan kawasan selatan dan tenggara Turki.

Problem makin mengemuka setelah AS merencanakan menyerah Suriah secara militer lantaran dugaan penggunaan senjata kimia oleh pihak Suriah dalam penyerangan di Damaskus dan sekitarnya pada 21 Agustus 2013. Pasalnya, Turki bakal bersiap diri untuk menampung lebih banyak pengungsi Suriah.

Sampai dengan akhir tahun ini, menurut prediksi PBB, jumlah pengungsi Suriah di Turki bakal mencapai angka satu juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com