Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNHCR: 2 Juta Warga Suriah Berstatus Pengungsi

Kompas.com - 03/09/2013, 12:55 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Lebih dari dua juta penduduk Suriah kini menjadi pengungsi, atau naik sekitar setengah juta dalam tiga bulan terakhir.

Lebih dari 700.000 orang mengungsi ke Lebanon dan lebih banyak warga Suriah sekarang pindah warga negara, demikian dilaporkan badan PBB untuk pengungsi UNHCR.

UNHCR dalam pernyataannya, Selasa (3/9/2013) mengatakan: "Perempuan, anak, dan laki-laki yang melewati perbatasan dengan membawa sedikit pakaian kian bertambah."

Sekitar setengah dari mereka yang terpaksa keluar adalah anak-anak, UNHCR mengestimasi tiga perempat diantaranya berusia di bawah 11 tahun.

Hanya 118.000 anak-anak yang mengungsi memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan dan hanya satu per lima menerima bantuan konseling.

UNHCR memperingatkan akan adanya "generasi yang hilang" karena minimnya bekal yang diberikan kepada anak-anak ini untuk membangun kembali Suriah di masa depan.

Lebanon menerima paling banyak pengungsi, meskipun negara ini merupakan negara tetangga Suriah yang paling kecil dan paling tidak memiliki kemampuan untuk menghadapinya.

Sekarang diperkirakan ada satu pengungsi Suriah diantara enam warga Lebanon. Yordania dan Turki menjadi negara kedua dan ketiga yang menampung pengungsi terbanyak.

Dukungan berskala besar

Merujuk pada fakta bahwa 97 persen dari pengungsi Suriah tinggal di negara-negara tetangganya, UNHCR mengatakan arus pengungsi ini "menempatkan beban yang sangat besar pada infrastruktur, ekonomi dan masyarakat di negara-negara tersebut".

PBB kembali meminta dukungan internasional dengan "skala yang besar" untuk membantu negara-negara tetangga menangani krisis.

Lembaga bantuan internasional juga berjuang untuk mengatasi krisis karena hanya memiliki 47 persen dana yang diperlukan untuk memenuhi "kebutuhan pengungsi dasar", UNHCR mengatakan.

Salah satu gelombang pengungsi terbesar datang pada pertengahan Agustus, ketika ribuan pengungsi dari Suriah membanjiri perbatasan ke Irak Kurdistan.

Irak memiliki populasi terbesar keempat pengungsi Suriah, dengan lebih dari 170.000 di negara ini.

PBB mengatakan konflik Suriah telah menyebabkan krisis pengungsian terbesar di dunia dalam 20 tahun terakhir.

Perancis dan Amerika Serikat terus mendorong adanya upaya militer terhadap dugaan penggunaan senjata kimia oleh pasukan Suriah.

Politisi senior AS direncanakan akan berbicara di depan kongres untuk menggalang dukungan intervensi militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com