Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbilang Uzur, Diana Nyad Sukses Berenang Lintasi Selat Florida

Kompas.com - 03/09/2013, 10:32 WIB

MIAMI, KOMPAS.com — Perenang jarak jauh asal Amerika Serikat, Diana Nyad, sukses menjadi orang pertama yang berenang dari Kuba ke Amerika Serikat tanpa kurungan hiu.

Setelah 53 jam berenang tanpa henti, perempuan berusia 64 tahun ini tiba di Key West, Florida, ditemani timnya yang berjumlah 35 orang yang menggunakan kapal.

Nyad memulai perjalanannya pada Sabtu (31/8/2013) dan berjanji bahwa ini merupakan percobaannya yang terakhir mengarungi selat Florida yang memiliki jarak 177 kilometer.

Empat usahanya terdahulu—satu dilakukan pada 1978, dua kali pada 2011, dan satu kali pada tahun 2012—gagal.

Nyad berjalan keluar dari air menuju pantai pada pukul 14.00 waktu setempat atau 18.00 GMT, Senin (2/9/2013). 

Ratusan orang yang mendukung usahanya itu telah menunggu untuk menyambutnya di pantai. Mereka bertepuk tangan dan meniup trompet.

Atlet yang sudah kehabisan napas ini mengatakan kepada kru televisi, "Saya punya tiga pesan: satu, kita tidak boleh menyerah."

"Dua, Anda tidak pernah terlalu tua untuk mengejar impian Anda; dan ketiga, ini tampak seperti olahraga individu, tetapi sebetulnya ini kerja sebuah tim."

Selain mengenakan baju renang, sarung tangan, dan sarung kaki, dia juga menggunakan masker silikon khusus untuk melindungi wajahnya dari sengatan ubur-ubur yang menggagalkan usahanya yang terdahulu.

Dia menyadari perlengkapan itu akan membuatnya berenang lebih lambat, tetapi dia percaya perlindungannya efektif.

Tim pendukung Nyad juga memiliki alat yang menghasilkan medan listrik samar di sekelilingnya, yang dirancang untuk menjauhi hiu dari wilayah itu.

Presiden Barack Obama memberi selamat lewat Twitter, "Jangan pernah menyerah atas mimpi-mimpi Anda."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com