Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2013, 15:26 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Bagi pemangku kepentingan di bursa saham Korea Selatan (Korsel), rencana penyerangan ke Suriah bak momok mengerikan. Itu pula yang menjadi penyebab buruk alias "biang kerok" jatuhnya indeks saham di KOSPI pada Senin (2/9/2013).

Tercatat, warta Yonhap,  indeks KOSPI susut 1,55 poin atau 0,08 persen saat penutupan di posisi 1.924,81. Lantas, pada posisi itu, volume perdagangan terpatok di angka 240 juta saham senilai 3,37 triliun won atau setara dengan 3,06 miliar dollar AS.

Pengamat mengatakan, investor di KOSPI cemas lantaran rencana AS menyerang secara militer terbatas Suriah. AS mengatakan Suriah menggunakan senjata kimia dalam penyerangan ke Damaskus pada 21 Agustus 2013.

Catatan lembaga intelijen negeri Uak Sam (US) menunjukkan jumlah korban tewas serangan senjata kimia itu ada 1.429 orang. Dari jumlah itu, 426 di antaranya adalah anak-anak.

Hingga berita ini diunggah, memang belum ada kata putus untuk otorisasi Kongres AS terhadap rencana Presiden Barack Obama tersebut. Kalau sudah mendapat lampu hijau dari Kongres, militer Abang Sam (AS) bakal menggempur Suriah pada 9 September 2013.

Banyak investor di Korsel juga cemas kalau serangan itu terwujud bara konflik di Timur Tengah bakal makin panas. Mereka khawatir, gara-gara aksi militer itu harga minyak dan pasar uang bakal jungkir balik pergerakannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com