Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Tewas Terjatuh dari Helikopter Ambulans

Kompas.com - 02/09/2013, 14:48 WIB
MELBOURNE, KOMPAS.COM - Seorang pasien tewas terjatuh dari helikopter ambulans yang tadinya dimaksudkan untuk menolong korban patah kaki tersebut. Jatuhnya pasien dari heli penolong itu terjadi Sabtu (31/8) di pinggiran Kota Melbourne, Australia.

Penyelidik Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) menyatakan akan menyelidiki insiden itu.

Korban tengah berburu saat pergelangan kakinya patah. Saat dikerek ke atas helikopter ambulans, pria berusia 68 tahun itu terjatuh dari ketinggian 30 meter dan meninggal.

Greg Madden dari ATSB menyatakan akan memeriksa para saksi. Selain itu, penyelidik tersebut juga akan memeriksa helikopter, alat pengerek dan catatan perawatan peralatan.

Segera setelah kejadian, seluruh kegiatan pengerekan dihentikan sementara oleh Ambulance Victoria. Saat ini, beberapa alat pengerek untuk helikopter telah beroperasi kembali.

"Kami ingin memastikan bahwa kami telah mengecek peralatan hingga ke tiap konektor, tiap sabuk yang kami gunakan, mesin pengerek, semua yang bersifat mekanik, dan kami telah memeriksa semua itu, atau para ahli teknis telah memeriksa semua itu," jelas Greg Sassella dari Ambulance Victoria.

Menurut Ambulance Victoria, baik alat pengerek maupun helikopter sangat mampu mengangkat pasien dan petugas paramedis. Hal ini dinyatakan juga oleh Steve McGhie dari Ambulance Employees Association.

Menurutnya, salah satu isu dalam penyelidikan adalah berat korban. Mc Ghie menyatakan, isunya adalah apakah alat yang digunakan terpasang dengan pas di tubuh korban, dan ukuran tubuh merupakan faktor yang relevan dalam hal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com