Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Meksiko Kembali Tangkap Gembong Penyelundup Narkoba

Kompas.com - 02/09/2013, 14:37 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com - Kepolisian Meksiko berhasil membekuk pemimpin kartel Juarz Baru, seorang pria berusia 47 tahun berjuluk Ugly Betty.

Alberto Carrillo Fuentes alias Ugly Betty ditangkap polisi federal Meksiko di Negara Bagian Nayarit dan langsung diinterogasi sejumlah jaksa. Demikian seorang pejabat dar kantor jaksa agung Meksiko mengabarkan Minggu (1/9/2013).

Carrillo Fuentes menghadapi sejumlah dakwaan antara lain penyelundupan obat terlarang, pembunuhan, dan mengelola organisasi kejahatan.

Carrillo Fuentes diyakini mengambil alih kendali kartel Juarez setelah kakaknya Vicente "The Viceroy" Carrillo Fuentes mundur dari jabatannya.

Kartel ini didirikan Amado Carrillo Fuentes alias The Lord of the Skies, yang tewas secara misterius usai menjalani operasi plastik pada 1997.

Menurut majalah mingguan Proceso, kartel Juarez tengah terlibat perang sengit dengan kartel Sinaloa yang dipimpin Joaquin "El Chapo" Guzman, orang yang paling dicari di Meksiko.

Kedua kartel ini memperebutkan kekuasaan di kota Ciudad Juarez yang tak jauh dari perbatasan dengan AS dan nampaknya Guzman memenangkan perang itu.

Kota Ciudad Juarez pernah menjadi "ibu kota" pembunuhan di dunia dengan angka pembunuhan lebih dari 3.000 orang tewas sepanjang 2010.

Tertangkapnya Carrillo Fuentes adalah keberhasilan ketiga aparat Meksiko menangkap para gembong narkoba sejak Juli lalu.

Sebelumnya ketua kartel Zetas Miguel Angel Trevino alias Z-40 tertangkap pada 15 Juli. Kemudian pimpinan kartel Teluk Mario Ramirez yang dibekuk pada 17 Agustus lalu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com