Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Dimakan Buaya, Turis Terjebak Dua Pekan di Pulau Kecil

Kompas.com - 02/09/2013, 12:07 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Seorang turis Selandia baru yang menggunakan kayak diikuti seekor buaya berukuran raksasa di pantai utara Australia Barat selama dua pekan.

Akibatnya pria itu takut meninggalkan kemahnya dan terjebak di sebuah pulau kecil. 

Pria Selandia Baru tersebut akhirnya diselamatkan pada Sabtu (31/8/2013) oleh seorang penduduk Kalumburu bernama Don Mac Leod.

Mac Leod berkata awalnya ia melihat kilatan cahaya di Pulau Governor. Setelah diselidiki, ternyata cahaya itu berasal dari kemah seorang turis yang sudah dua pekan terjebak pulau tersebut karena takut menjadi santapan buaya. 

Menurut Mac Leod, buaya yang mengejar turis Selandia Baru itu panjangnya mencapai sekitar enam meter.

"Suatu hari buaya itu kebetulan muncul di permukaan di samping saya, dan panjang kapal saya adalah 20 kaki. Oleh karena itu, buaya tersebut hampir mencapai 20 kaki. Sangat, sangat besar, salah satu buaya paling besar yang saya tahu ada di sekitar sini," ceritanya. 

Diperkirakan bahwa laki-laki yang diselamatkan oleh Mac Leod awalnya diantar sebuah kapal dan kemudian ditinggalkan untuk menjelajahi daerah tersebut, dengan membawa persediaan air dan makanan.

Menurut Mac Leod, buaya besar tersebut mulai mengikuti sang penjelajah, hingga akhirnya penjelajah tersebut kembali ke pulau Governor, menarik kayaknya ke daratan sejauh mungkin dan kembali ke kemahnya, di mana ia berusaha mempertahankan persediaan air dan sinyal komunikasi.

Sekitar 24 jam setelah menyelamatkan turis Selandia Baru itu, Mac Leod kembali menolong seseorang yang  kapalnya juga diserang buaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com