Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darurat Salju di Peru Meluas

Kompas.com - 01/09/2013, 14:56 WIB
KOMPAS.com — Pemerintah Peru telah menambah sembilan wilayah lain di negara itu yang termasuk dalam status darurat akibat hantaman cuaca dingin yang tidak normal dan salju tebal.

Sejauh ini sedikitnya dua orang tewas dan 33.000 lainnya telah jadi korban akibat serangan udara dingin, demikian menurut pejabat setempat.

Seorang pria tewas ketika atap gubuknya runtuh akibat beratnya beban salju yang menumpuk di provinsi Carabaya selatan, sementara tidak ada penjelasan mengenai sebab kematian korban kedua.

Tiga orang diselamatkan pada hari Sabtu (31/8/2013) kemarin dari daerah yang sama setelah rumah mereka dikepung salju.

Petugas penyelamat mengatakan, tiga orang itu semuanya adalah perempuan yang menderita radang dingin dan kebutaan akibat salju.

Sementara itu, puluhan ribu hewan dilaporkan mati beku selama seminggu terakhir.

Presiden Peru Ollanta Humala telah melakukan kunjungan ke Apurimac, salah satu daerah yang paling parah, untuk mengawasi distribusi bantuan darurat.

Keadaan darurat akan diberlakukan selama 20 hari, demikian menurut pernyataan resmi.

Turunnya salju ini adalah yang terparah yang pernah terjadi di Peru selama sepuluh tahun terakhir, dan menewaskan puluhan ribu hewan peliharaan seperti sapi dan domba, yang membuat petani kian miskin.

Badai dingin juga menghantam negara tetangga Peru, Bolivia, dan Paraguay, yang keseluruhannya telah menewaskan lima orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com