Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup Satu Pelor untuk Habisi Kolonel Mansory

Kompas.com - 31/08/2013, 16:26 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Niat Kolonel Hussein al-Mansory untuk tiba di kantor pada Sabtu (31/8/2013) pagi pupus sudah. Pasalnya, saat keluar dari rumahnya di Lahj, selatan Yaman, dua penembak bertopeng menembaknya hingga mati. Diduga, kedua pelaku mengendarai sebuah sepeda motor. Cukup satu pelor untuk menghabisi nyawa anggota intelijen Yaman ini, kata penyelidikan pihak kepolisian setempat sebagaimana warta AP.

Menurut pihak penyelidik, sampai kini, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab. Tetapi, bak hal lazim, "kebiasaan" menembak mati orang adalah perbuatan kelompok Al Qaeda. Soalnya, cuma Al Qaeda yang menyatakan menentang Pemerintah Yaman.

Catatan Kementerian Dalam Negeri Yaman menunjukkan, sejak dua tahun silam sampai kini ada lebih dari 70 anggota intelijen dan petugas keamanan Yaman tewas didor. "Habis menembak mati, pelaku biasanya langsung minggat," kata sumber di kementerian itu.

Yaman menjadi basis Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) sejak Januari 2009. Kelompok ini adalah hasil merger antara Al Qaeda Yaman dan Arab Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com