Rabu, 23 April 2014

News / Internasional

Kenya Tetapkan Al-Shabaab sebagai Geng Kriminal Terorganisasi

Jumat, 30 Agustus 2013 | 20:32 WIB
AP Photo Pasukan Kenya yang tergabung dalam misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) merayakan keberhasilan merebut kota Kismayo, Somalia.
KOMPAS.com — Kenya menetapkan Al-Shabaab sebagai geng kriminal terorganisasi. Total jumlah geng macam begini ada 46, termasuk Al-Shabaab, tulis AP pada Jumat (30/8/2013).

"Kelompok ini membuat teror, membunuh, merusak, dan memunculkan ketakutan," kata Jaksa Agung Kenya Githui Muigai di Nairobi.

Menurut Muigai, Pemerintah Kenya menyiapkan banyak langkah untuk menghadapi geng seperti ini. "Kami siap menghadapi Al-Shabaab dengan penegakan hukum," katanya.

Kelompok Jihad Somalia ternyata masuk juga dalam daftar tersebut. Kelompok ini mempunyai sel di Nairobi. Catatan Pemerintah Kenya menunjukkan kelompok ini acap melakukan tindakan kriminal dan penculikan.

Terdaftar juga di dalam rentetan geng kriminal terorganisasi di Kenya adalah Dewan Republik Mombasa. Pemberontak ini aktif di wilayah pantai Kenya. Pemerintah Kenya sudah melakukan pendekatan kepada kelompok ini untuk membubarkan diri.

Penulis: Josephus Primus
Editor : Josephus Primus