Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapten AD Suriah Didakwa Terlibat Aksi Bom Mobil di Lebanon

Kompas.com - 30/08/2013, 19:14 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com — Sebuah pengadilan di Lebanon, Jumat (30/8/2013), mendakwa lima orang termasuk seorang kapten angkatan darat Suriah, terlibat aksi peledakan bom di kota Tripoli sepekan lalu.

Dua tokoh agama Lebanon juga ikut didakwa terkait dua serangan bom mobil di luar sebuah masjid Sunni pada 23 Agustus yang menewaskan 45 orang dalam sebuah serangan paling berdarah di Lebanon sejak berakhirnya perang saudara.

Dua terdakwa lainnya adalah warga Suriah, salah satunya adalah Kapten Mohammed Ali, yang didakwa menaruh dua mobil berisi bom sehingga menewaskan banyak orang.

Kedua warga Suriah ini tidak berada di Lebanon saat dakwaan dijatuhkan. Namun, jika terbukti, kedua warga Suriah ini bisa menghadapi hukuman mati.

Sementara itu, Sheikh Haseem Minkara, ketua Al-Tawhid, didakwa tidak melaporkan rencana peledakan bom itu kepada aparat keamanan Lebanon, meski mengetahui rencana tersebut.

Al-Tawhid adalah sebuah organisasi yang memiliki hubungan dekat dengan rezim Suriah.

Akibat tuduhan itu, Sheikh Haseem terancam hukuman penjara selama tiga tahun.

Sedangkan Sheik Ahmad al-Gharib, wakil Haseem, dan seorang wartawan yang sering bekerja paruh waktu untuk Al-Manar, stasiun televisi milik Hezbollah, juga didakwa terlibat dalam aksi bom mobil itu.

Ledakan dua bom mobil di dekat masjid itu terjadi hanya sepekan setelah insiden serupa terjadi di kawasan berpenduduk Syiah di ibu kota Lebanon, Beirut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com