Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Masih Upayakan Koalisi Internasional untuk Suriah

Kompas.com - 30/08/2013, 14:02 WIB
MANILA, KOMPAS.com — Amerika Serikat masih mengupayakan "koalisi internasional" dalam menanggapi dugaan penggunaan senjata kimia oleh Pemerintah Suriah, meskipun parlemen Inggris telah menentang aksi militer, kata Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel, Jumat (30/8/2013).

"Pendekatan kami adalah terus menemukan sebuah koalisi internasional yang akan bertindak bersama-sama," kata Hagel dalam sebuah konferensi pers di Manila, Filipina. Hagel mengatakan, Washington menghormati sikap parlemen Inggris yang menolak berpartisipasi dalam serangan yang bertujuan menghukum rezim Suriah.

Hasil mengejutkan dari voting di parlemen Inggris, Kamis, telah menggagalkan tawaran Perdana Menteri Inggris David Cameron untuk memenangkan dukungan bagi intervensi militer di Suriah.

"Setiap bangsa punya tanggung jawab untuk membuat keputusan sendiri," kata Hagel. "Kami terus berkonsultasi dengan Inggris sebagaimana dengan semua sekutu kami."

Konsultasi itu termasuk cara untuk maju bersama dalam menanggapi serangan senjata kimia di Suriah.

"Ketika ditanya apakah ada sesuatu yang Suriah bisa lakukan untuk mencegah kemungkinan aksi militer AS? Hagel mengatakan, dia tidak bisa berspekulasi. "Saya belum diberitahu tentang perubahan posisi rezim Assad pada masalah apa pun. Saya berurusan dengan kenyataan dengan apa yang kami miliki. Saya tidak berspekulasi tentang situasi hipotetis," katanya dalam konferensi pers bersama dengan mitranya dari Filipina.

Pemerintah AS telah menuduh pasukan Pemerintah Suriah berada di balik serangan senjata kimia di pinggiran kota Damaskus pada 21 Agustus yang dikatakan telah menewaskan ratusan orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com