Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brasil Gelap akibat Listrik Padam

Kompas.com - 29/08/2013, 14:37 WIB
BRASILIA, KOMPAs.COM - Seperti Indonesia, pemadaman listrik juga jadi masalah di Brasil. Pemadaman listrik besar-besaran terjadi di Brasil telah mengakibatkan sembilan negara bagian gelap gulita selama hampir tiga jam.

Seluruh ibukota di negara bagian wilayah barat laut negeri itu kena pemadaman, termasuk empat kota yang nantinya akan jadi penyelenggara Piala Dunia 2014.

Aliran listrik kemudian normal kembali di kota-kota penting itu, tetapi di daerah yang lebih kecil listrik tetap padam lebih lama.

Akibatnya puluhan juta warga setempat terdampak pemadaman ini, yang menurut pemerintah terjadi akibat sebuah kebakaran di negara bagian Piaui yang menyebabkan sejumlah jalur transmisi listrik penting terganggu.

Menteri Energi dan Pertambangan Brsil, Edson Lobao, mengatakan akibat gangguan ini seluruh wilayah barat laut Brasil terputus dari jaringan listrik nasional.

Tetapi sampai kini tak diketahui apa penyebab terjadinya kebakaran yang disebut-sebut itu.

Seorang juru bicara dari kantor regulasi listrik Brasil, Aneel, dilaporkan mengatakan bahwa saat ini para pejabat masih fokus pada upaya memulihkan aliran listrik sebelum memikirkan apa penyebab kebakaran.

Termasuk dalam daftar negara bagian yang terganggu pemadaman adalah Pernambuco, Bahia, Rio Grande do Norte, Piaui, Alagoas, Ceara, Paraiba, Sergipe dan Maranhao.

Seperti Indonesia, Brasil adalah salah satu negara yang di masa lalu kerap mengalami pemadaman listrik namun kini gangguan tersebut diklaim sudah jauh berkurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com