Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

New York Times Diretas Tentara Elektronik Suriah?

Kompas.com - 28/08/2013, 05:43 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber CNN.com
NEW YORK, KOMPAS.com — Lagi, situs berita diduga menjadi korban peretasan. Kali ini, laman The New York Times diduga menjadi sasaran peretasan pada Selasa (27/8/2013) petang waktu setempat atau Rabu (28/8/2013) dini hari waktu Indonesia.

Dugaan peretasan pertama kali muncul melalui jejaring media sosial Twitter setelah para penggunanya melaporkan situs berita tersebut tak bisa dibuka mulai Selasa sekitar pukul 15.00 waktu Amerika Timur, atau Rabu sekitar pukul 02.00 WIB. Selama hampir tiga jam, situs ini sama sekali tak dapat diakses, termasuk laman di fasilitas mobile dan aplikasi.

Melalui laman Facebook, The New York Times pada Selasa sekitar pukul 17.00 waktu setempat menulis, "Banyak pengguna mengalami kesulitan mengakses The New York Times online. Kami bekerja untuk memperbaiki masalah. Penilaian awal kami kemungkinan besar ini hasil serangan berbahaya dari luar."

Peneliti masalah keamanan internet, Matt Johansen, mengatakan di Twitter bahwa ia menduga serangan itu dilakukan dari Suriah, yang dikenal di jagat maya sebagai Tentara Elektronik Suriah (SEA), kelompok peretas yang mendukung rezim Bashar Al Assad. Beberapa pengguna Twitter menampilkan screenshot bahwa laman tersebut diretas oleh SEA.

SEA diketahui pernah menyusupi laman Twitter feed dari Associated Press dan The Washington Post beberapa waktu lalu. Pada 15 Agustus 2013, kelompok ini juga sesaat meretas laman beberapa kantor berita, termasuk CNN, dan mengarahkan para pengakses laman ke situs SEA.

Laman The New York Times dua kali "mati" dalam bulan ini dengan peretasan tersebut. Laman ini pada 14 Agustus 2013 juga tak bisa diakses, tetapi dinyatakan karena ada persoalan teknis internal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com