Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Suriah Tak Yakin AS Bakal Serang Negaranya

Kompas.com - 27/08/2013, 19:23 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Moallem mengatakan, dirinya tidak yakin kalau
Amerika Serikat bakal menyerang negerinya. ”Saya tak yakin AS mengerahkan kekuatan militernya,” kata Moallem di Damaskus sebagaimana warta AP pada Selasa (27/8/2013).

Sebaliknya, menurut Moallem, Washington akan menekan Suriah dengan beberapa konsesi. Kendati begitu, Moallem tidak merinci konsesi yang dimaksudkannya.

Sementara itu, pekan lalu, Presiden AS Barack Obama sudah berbicara dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Presiden Perancis Francois Hollande. Mereka bertiga berdiskusi soal opsi-opsi militer ke Suriah. Tak cuma itu, ketiganya juga mengemukakan soal serangan misil udara ke Suriah.

Kemudian, dalam minggu ini, Penasihat Keamanan Nasional AS Susan Rice juga ikut berembuk dalam pertemuan dengan Ketua Dewan Keamanan Israel Yaakov Amidror. Topik pembicaraan adalah soal Iran, Mesir, dan Suriah. ”Pembicaraan juga meliputi isu-isu keamanan regional,” kata Gedung Putih.

Kemarin, Pemerintah Suriah sudah menyangkal sekaligus menampik tuduhan penggunaan senjata kimia. ”Tudingan Barat adalah hasutan tak masuk akal,” kecam Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com