Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media: AS Mungkin Gelar Operasi Militer Terbatas di Suriah

Kompas.com - 27/08/2013, 14:08 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Harian The Washington Post, dalam edisi Selasa (27/8/2013), mengabarkan dalam merespon masalah Suriah, Presiden AS Barack Obama akan memilih operasi militer dengan waktu dan sasaran yang terbatas.

Harian itu menambahkan, serangan militer yang akan menjadi respon atas serangan senjata kimia yang diyakini AS didalangi rezim Assad hanya akan terjadi paling lama dua hari.

Terbatasnya waktu dan sasaran operasi militer ini diharapkan tetap menjaga AS tetap tidak terlibat terlaku jauh dalam perang saudara yang sudah berkecamuk selama 29 bulan itu.

Kabar serupa juga disampaikan harian The New York Times. Harian ini mengabarkan meski Presiden Obama belum memutuskan sebuah operasi militer atas Suriah, namun tak tertutup kemungkinan Obama memerintahkan operasi militer terbatas di negeri itu.

Serangan terbatas ini akan melibatkan penembakan peluru kendali dari kapal-kapal perang AS di Laut Tengah dengan target sasaran militer Suriah. Demikian The New York Times mengutip sumber terpercaya yang tak ingin disebutkan namanya.

Dalam beberapa hari ke depan, intelijen AS akan mengungkap informasi yang akan memperkuat dugaan Suriah menggunakan senjata kimia dalam perang saudara.

Pemerintah AS sedang berkonsultasi dengan para sekutunya namun operasi militer agaknya masih jauh dari kenyataan karena perlawanan Rusia, sekutu utama Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com