Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS: Suriah Gunakan Senjata Kimia Berskala Besar!

Kompas.com - 27/08/2013, 02:13 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Pemerintah Amerika Serikat berkeyakinan Pemerintah Suriah di bawah kepemimpinan Bashar al Assad memang menggunakan senjata kimia dalam serangan di Damaskus pada Rabu (21/8/2013).

"Serangan pekan lalu harus mengguncang hati nurani dunia," tegas Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry dalam konferensi pers di Gedung Putih, Senin (26/8/2013) petang atau Selasa (27/8/2013) dini hari waktu Indonesia.

"Penggunaan senjata kimia di Suriah adalah nyata dan berdasarkan fakta," kata Kerry. Dia pun menyatakan Suriah telah menggunakan senjata kimia berskala besar dalam serangan Rabu dini hari yang menewaskan antara 100 sampai 1.300 orang berdasarkan sumber yang bervariasi itu.

"(Karenanya) semua bangsa harus bangkit meminta pertanggungjawaban atas senjata kimia yang (seharusnya) tak pernah digunakan lagi," tegas Kerry. "Penggunaan senjata kimia adalah tak termaafkan dan tak bermoral."

Saat ini, imbuh Kerry, Amerika dan sekutu tengah mengumpulkan dan mengkaji tambahan informasi dalam penggunaan senjata kimia dalam serangan itu. Penolakan Suriah untuk memberikan akses pada tim pemeriksa segera setelah serangan, ulang Kerry, merupakan bukti awal bahwa rezim Assad menyembunyikan sesuatu.

"Presiden Obama percaya harus ada pertanggungjawaban untuk penggunaan senjata paling keji di dunia ini," pungkas Kerry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com