Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantaran "Si Buas" Anjlok, Enam Orang Masuk Liang Lahat

Kompas.com - 26/08/2013, 15:43 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pemerintah Meksiko menamai sebuah rangkaian kereta api (KA) barang berdestinasi dari Huimanguillo di Negara Bagian Tabasco, tenggara Negeri Sombrero itu, "Si Buas". Malangnya, KA itu anjlok pada Minggu dini hari sekitar pukul 03.00.

Alhasil, kata pejabat dari negara bagian itu, Cesar Burelo, enam orang penumpang masuk liang lahat alias tewas. "Lokasi kecelakaan tak jauh dari Negara Bagian Veracruz," katanya, sebagaimana warta AP pada Senin (26/8/2013).

Burelo mengatakan, selain korban tewas, ada 22 penumpang lainnya terluka. "Sampai kini, petugas sudah berhasil memindahkan bagian KA yang terbalik," katanya.

Naasnya lagi, lokasi kecelakaan berada jauh dari sarana transportasi darat lainnya. "Makanya, korban luka 'Si Buas' terpaksa dikirim dengan perahu ke rumah sakit terdekat," imbuh Burelo.

Favorit


Data menunjukkan kalau "Si Buas" adalah KA favorit para calon pekerja migran asal pelosok Meksiko, bahkan dari negara-negara Amerika Tengah. Saat kejadian, setidaknya ada sekitar 300 calon pekerja imigran yang menumpang KA tersebut. "Kami masih menyelidiki lebih rinci penyebab kecelakaan KA itu," tutur Burelo.

Banyak calon pekerja migran asal Amerika Tengah memanfaatkan "Si Buas" sebagai harapan bagi kehidupan lebih baik. Soalnya, KA yang lebih banyak berjalan pada waktu malam ini bisa mereka manfaatkan untuk masuk secara ilegal ke AS tanpa harus berlama-lama singgah di Meksiko. Sudah bukan rahasia lagi kalau para imigran itu melompat dari KA itu di tengah pekatnya gelap malam untuk menembus Negeri Uwak Sam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com