Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kutuk Bom Ganda Lebanon, Korban Tewas Sudah 42 Orang

Kompas.com - 24/08/2013, 05:50 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
WASHINGTON, KOMPAS.com — Amerika Serikat mengutuk dua ledakan bom mobil di luar kota Tripoli, Lebanon, Jumat (23/8/2013). Ledakan ganda di kawasan Sunni ini menewaskan tak kurang dari 42 orang.

Penasihat Keamanan Nasional AS, Susan Rice, menulis di Twitter bahwa Washington "mengutuk keras" serangan tersebut. Rice juga menyampaikan belasungkawa untuk "hilangnya nyawa tak bersalah."

Kedua ledakan menghantam Tripoli, kota di utara Damaskus, seusai shalat Jumat. Konflik sektarian meningkat di Lebanon menyusul sikap Hezbollah dari kalangan Syiah Alawai di Lebanon yang mendukung pemerintahan Bashaar al Assad di Suriah.

Washington telah beberapa kali memperingatkan konflik di Suriah rentan merembet ke Lebanon dan mengoyak perdamaian yang rapuh di negara itu. Wakil Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat Marie Harf meminta semua pihak di Lebanon untuk mencoba bersikap tenang dan menahan diri.

"Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk Lebanon yang stabil, berdaulat, dan mandiri. Kami juga mendukung upaya Pemerintah Lebanon untuk memulihkan stabilitas dan keamanan di negara itu," kata Harf. Jumlah korban jiwa yang jatuh pada serangan Jumat ini menempatkannya sebagai insiden berdarah terburuk sejak berakhirnya perang saudara Lebanon pada 1975-1990.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com