Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reuni Dua Korea Tinggal Tunggu Hari H

Kompas.com - 23/08/2013, 20:43 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Akhirnya, dua Korea sepakat menghelat reuni keluarga yang terpisah lantaran perang Korea pada era 1950-an. Menurut warta Yonhappada Jumat (23/8/2013), Hari H reuni itu ditetapkan pada Rabu (25/9/2013). Tak cuma itu, reuni bakal berlangsung enam hari sejak Hari H.


"Reuni akan berlangsung di Gunung Kumgang. Seratus keluarga dari kedua pihak bakal berpartisipasi,"kata Juru Bicara Kementerian Reunifikasi Korea Selatan (Korsel) Kim Hyung-seok di Seoul.

Menurut Hyung-seok, awalnya, Korea Utara (Korut) berharap reuni dilaksanakan antara di Seoul atau Pyongyang. "Tapi, Korut mendesak agar reuni dilangsungkan di Gunung Kumgang,"katanya.

Kemudian, lanjut Hyung-seok, data final warga kedua Korea yang akan ikut ambil bagian dalam reuni itu bakal saling dipertukarkan pada 16 September 2013. "Akan ada verifikasi kedua belah pihak untuk mengecek nama-nama yang masih hidup atau sudah meninggal,"kata Hyung-seok.

Selanjutnya, persiapan yang bakal dilakukan adalah dokumentasi reuni berbentuk video akan kelar dan didistribusikan selama dua hari mulai 22 Oktober 2013. "Dalam kesempatan itu, 40 keluarga dari kedua belah pihak ikut berpartisipasi,"terang Hyung-seok lagi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com