Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Belum Bisa Pastikan Penggunaan Senjata Kimia di Suriah

Kompas.com - 23/08/2013, 06:43 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
WASHINGTON, KOMPAS.com — Pemerintah Amerika Serikat, Kamis (22/8/2013), menyatakan belum dapat menentukan apakah rezim penguasa Suriah menggunakan senjata kimia yang diduga menewaskan ratusan warganya pada Rabu (21/8/2013) dini hari.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Jen Psaki, mengatakan bahwa Presiden Barack Obama telah mengarahkan intelijen AS untuk mengumpulkan informasi tentang serangan yang dilaporkan terjadi di dekat Damaskus itu.

"Pada saat ini kami tidak dapat menyimpulkan penggunaan senjata kimia, tapi setiap menit kami fokus sejak peristiwa kemarin, melakukan segala sesuatu yang dimungkinkan atas kekuasaan kami untuk memastikan faktanya," kata Psaki.

Kelompok oposisi utama Suriah menuding rezim berkuasa Suriah telah menewaskan 1.300 orang menggunakan senjata kimia, dalam serangan militer di dekat Damaskus, Suriah, pada Rabu dini hari.

Sebelumnya, Obama menyatakan bahwa bila rezim Suriah menggunakan senjata kimia, maka otoritas pemerintah tersebut telah melanggar "garis merah". Namun, Washington sejauh ini belum mengambil tindakan atas beragam laporan penggunaan senjata kimia oleh Pemerintah Suriah.

"Jika laporan ini benar, maka itu akan menjadi tindakan keterlaluan dan mengerikan yang dilakukan terhadap penggunaan senjata kimia oleh rezim," kata Psaki. "Presiden tentu memiliki berbagai pilihan yang telah kita bicarakan sebelumnya bahwa dia pasti dapat mempertimbangkan dan tentu saja berdiskusi dengan tim keamanan nasional," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com