Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Diguncang Gempa 6,1 SR, Tak Ada Korban Jiwa

Kompas.com - 21/08/2013, 21:10 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com — Sebuah gempa berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang wilayah selatan Meksiko, Rabu (21/8/2013). Gempa itu mengguncang gedung hingga ke Mexico City yang berjarak 400 kilometer dari pusat gempa.

Pusat gempa terletak 18 kilometer dari barat laut kota Ayutla de los Libres, di negara bagian Guerrero. Demikian pernyataan Badan Survei Geologi AS (USGS), yang sebelumnya menyatakan kekuatan gempa adalah 6,4 SR.

USGS menambahkan, getaran gempa berasal dari kedalaman 34,8 kilometer. Setengah jam setelah gempa terjadi, sebuah gempa susulan berkekuatan 5,3 skala Richter mengguncang kota wisata Acapulco.

Selama sekitar satu menit gedung-gedung bergoyang di Mexico City, yang membuat sejumlah kantor mengevakuasi staf mereka ke luar gedung.

Wali Kota Mexico City Miguel Angel Mancera mengatakan lewat akun Twitter-nya, sejauh ini tidak diperoleh laporan terkait korban manusia atau kerusakan gedung di ibu kota.

"Di Guerrero juga tidak dilaporkan adanya korban dan kerusakan parah," kata Koordinator Layanan Darurat Nasional Meksiko, Luis Felipe Puente, kepada televisi setempat.

Sementara itu, Gubernur Guerrero Angel Aguirre Rivero, lewat akun Twitter, menyatakan, petugas kini memeriksa kondisi bangunan di wilayahnya, termasuk di kota wisata Acapulco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com