Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Agenda Menlu UE soal Mesir

Kompas.com - 21/08/2013, 18:08 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Menghelat pertemuan khusus di Brussels, Belgia, pada Rabu (21/8/2013), para menteri luar negeri Uni Eropa (UE) mengusung dua agenda soal Mesir. Menurut warta AP, agenda pertama adalah respons terhadapp kekerasan di Negeri Piramida itu. Kedua, tinjauan ulang hubungan UE dan Mesir.

Pada agenda pertama, para menlu mengharapkan agar dialog pihak terkait lebih mengemuka sembari menghentikan kekerasan. UE juga mengharapkan adanya pelaksanaan pemilihan umum
yang bebas dan adil serta pembentukan pemerintahan sipil.

Sejauh ini, kata Perwakilan Khusus UE Bernardino Leon, pihaknya selalu melakukan  kontak dengan pihak-pihak terkait di Mesir.  

Hingga kini, kata pernyataan tersebut, UE masih memandang Mesir sebagai mitra strategis penting. Relasi itu dijamin Perjanjian Bersama terbaru pada 2004.

Kerja sama UE dengan Mesir meliputi reformasi demokratis, modernisasi ekonomi, reformasi sosial dan isu migrasi. "Perdagangan adalah salah satu subjek penting dalam relasi UE dengan Mesir,"kata pernyataan UE menegaskan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com