Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hosni Mubarak Dibebaskan Akhir Pekan Ini?

Kompas.com - 19/08/2013, 19:22 WIB
KAIRO, KOMPAS.com - Fareed al-Deeb, kuasa hukum mantan penguasa Mesir Hosni Mubarak, Senin (19/8/2013), mengklaim mantan orang nomor satu Mesir itu tak lama lagi akan dibebaskan dari tahanan.

Fareed mengatakan, Mubarak yang digulingkan pada Februari 2011 setelah dinyatakan tak bersalah terkait dakwaan korupsi.

"Kini tinggal menyelesaikan presiden administrasi sederhana yang memakan waktu tak lebih dari 48 jam. Dia akan bebas akhir pekan ini," kata Fareed.

Sejumlah sumber pengadilan Mesir juga menyatakan hal yang sama soal kemungkinan bebasnya Hosni Mubarak ini.

Mubarak memang masih menghadapi tuduhan pembunuhan pengunjuk rasa dalam revolusi 2011. Sidang terkait tuduhan ini akan digelar pada 25
Agustus mendatang.

Namun, sesuai peraturan di Mesir, Mubarak tak perlu lagi tinggal di dalam tahanan saat menunggu sidangnya. Sebab, masa penahanan yang maksimal dua tahun sudah habis.

Mubarak yang bersama Menteri Dalam Negerinya divonis penjara seumur hidup tahun lalu karena dianggap tidak mencegah pembunuhan pengunjuk rasa dalam revolusi 2011 yang menggulingkannya.

Mubarak yang berkuasa selama 30 tahun kini ditahan di LP Tora di sebelah selatan Kairo. Di fasilitas yang sama pula para tokoh senior Ikhwanul Muslimin ditahan sejak awal Juli lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Reuters,AP

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com