Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Kagoshima Mulai Bersihkan Abu Gunung Sakurajima

Kompas.com - 19/08/2013, 15:20 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Para pekerja kebersihan, Senin (19/8/2013), mulai membersihkan abu yang menutupi kota Kagoshima, Jepang, setelah gunung Sakurajima meletus akhir pekan lalu, menyemburkan abu hingga 5.000 meter ke udara.

Pemerintah kota Kagoshima mengerahkan lebih dari 60 persen petugas kebersihan kota dan mobil-mobil penyemprot air untuk menyingkirkan debu yang menutupi kota.

Gunung Sakurajima yang berketinggian 1.117 meter dari permukaan laut meletus pada Minggu (18/8/2013) yang merupakan letusan pertama sejak 2000.

Tayangan televisi menunjukkan semburan abu berbentuk jamur dimuntahkan ke udara di siang yang cerah itu.

Wilayah utara dan pusat kota Kagoshima dihujani material gunung berapi, mengakibatkan penundaan pelayanan kereta api dan jarak pandang sempat memburuk sehingga pengendara kendaraan bermotor harus menyalakan lampu utamanya.

Warga kota terpaksa menggunakan masker dan payung untuk melindungi mereka dari hujan abu, tetapi sejauh ini tidak dilaporkan adanya korban luka atau kerusakan bangunan.

"Aktivitas gunung berapi menurun pada Senin pagi," kata badan meteorologi setempat.

"Tidak ada tanda-tanda akan terjadi letusan besar dalam waktu dekat, meski demikian kami belum mencabut penetapan wilayah bahaya dua kilometer dari puncak gunung," sambung badan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com