Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Menyasar Jaringan Kereta Api Eropa

Kompas.com - 19/08/2013, 10:43 WIB
BERLIN, KOMPAS.COM — Al Qaeda sedang merencanakan serangan terhadap jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa, lapor Bild, koran Jerman yang bertiras besar, pada Senin (19/8/2013), dengan mengutip sumber-sumber intelijen.

Kelompok teroris itu bisa menanam bahan peledak di kereta api dan terowongan atau menyabotase trek dan kabel listrik, kata Bild, yang merupakan harian Eropa paling banyak dibaca setiap hari.

Bild mengatakan, informasi tersebut berasal dari Badan Keamanan Nasional (National Security Agency/NSA) Amerika Serikat, yang telah mendengar sebuah konferensi via telepon (conference call) yang melibatkan pimpinan operasi Al Qaeda.

Serangan terhadap jaringan kereta api di Eropa merupakan "topik sentral" dalam pembicaraan telepon itu, lapor Bild. Pihak berwenang di Jerman telah menanggapi ancaman itu dengan melakukan sejumlah langkah seperti menyebar polisi berpakaian preman di stasiun utama dan rute utama, kata harian itu.

Menurut laporan sejumlah media AS, badan-badan intelijen menyadap sebuah conference call antara pemimpin Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri, dan lebih dari 20 pemimpin operasi dari seluruh jaringan global kelompok itu pada awal bulan ini. Hal itulah yang mendorong AS dan beberapa sekutunya menutup kedutaan di sejumlah negara, karena takut akan serangan besar.

Pada 1 Agustus, AS mengeluarkan peringatan di seluruh dunia, yang memperingatkan bahwa Al Qaeda berencana melancarkan serangan di Timur Tengah atau Afrika Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com