Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Gay Pertama Australia Menikah di Selandia Baru

Kompas.com - 18/08/2013, 04:02 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com – Pasangan gay dari Newcastle, Australia, akan menjadi pasangan pertama yang menikah di Selandia Baru, pada Senin (19/8/2013).

Pernikahan Paul McCarthy dan Trent Kandler akan menjadi pembuka bagi pasangan gay Australia yang diperkirakan akan berbondong-bondong menikah di negeri tetangga ini setelah Selandia Baru mengeluarkan undang-undang mengesahkan pernikahan sesama jenis baru-baru ini, tulis news.com.au , Minggu (18/8/2013).

“Bicaralah dengan kandidat di tempat Anda, tanya pendapatnya, karena ada kesempatan untuk membuat perubahan tahun ini,” tutur McCarthy merujuk pada pemilu Australia yang akan berlangsung 7 September.

McCarthy dan pasangannya ingin agar rakyat Australia memilih politisi yang pro-pernikahan sesama jenis.

Dalam hal ini Kevin Rudd yang sudah berjanji akan mengakui pernikahan gay bila ia terpilih kembali sebagai perdana menteri.

Rodney Croome, ketua dari organisasi Persamaan Pernikahan Australia, mengatakan bahwa kemungkinan pengesahan pernikahan sesama jenis kelamin di Australia makin mendekati kenyataan.

“Kita belum tahu bagaimana perimbangan kekuatan di parlemen mendatang tapi persamaan dalam pernikahan bukan sesuatu yang tak mungkin terjadi dalam waktu dekat,” tuturnya.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com