Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Doyan "Ngebut", Pemerintah China Helat Kampanye Keselamatan Berkendara

Kompas.com - 16/08/2013, 16:07 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Meningkatnya dampak kelalaian berkendara di China membuat pemerintah negeri itu menghelat kampanye keselamatan berkendara. Menurut warta Xinhua pada Jumat (16/8/2013), Beijing sebelumnya merilis data soal perkara lalu lintas di seluruh negeri itu.

Catatan menunjukkan, ada 14.280 pengemudi yang dihukum gara-gara ngebut. Lalu, 760 pengendara motor dihukum gara-gara membawa penumpang melebihi jumlah yang ditentukan.

Berikutnya, polisi sudah memvonis 13.782 kasus kelebihan muatan. "Ada juga 2.196 pengemudi yang kelelahan saat mengemudi," kata pihak Kepolisian Nasional China dalam rilisnya.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri China sudah meminta kepolisian melakukan patroli intensif di berbagai jalan raya yang acap menjadi lokasi pelanggaran lalu lintas.

Sedikitnya ada tiga fokus kampanye keselamatan berkendara tersebut. Pertama, untuk para pengemudi kendaraan penumpang. Kedua, untuk para sopir bus pariwisata. Paling bontot, kampanye juga membidik pengemudi truk berat dan pengangkut bahan kimia beracun.

Tak ketinggalan, salah satu ide penyelenggaraan kampanye adalah kecelakaan yang terjadi pada Senin (12/8/2013) di Gangshan, Provinsi Henan, Tengah China. Insiden tabrakan antara minibus versus truk besar itu menewaskan 11 orang. Polisi mengatakan, sopir minibus melanggar peraturan lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com