Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliarder AS Usulkan Alat Transportasi Kereta Supercepat "Hyperloop"

Kompas.com - 13/08/2013, 15:13 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.COM — Penemu Elon Musk, yang mendirikan Tesla Motors, SpaceX, dan PayPal, mengusulkan apa yang ia sebut moda transportasi kelima setelah pesawat terbang, kereta api, mobil, dan kapal.

Dalam siaran berita yang dimuat di laman Tesla Motors, Senin (12/8/2013), Musk menyebut konsep Hyperloop sebagai moda transportasi "yang lebih aman, lebih cepat, lebih murah, lebih nyaman, tahan cuaca, tenaga swadaya yang berkelanjutan, dan tahan gempa" dibandingkan dengan kereta kecepatan tinggi yang telah disetujui akan dijalankan antara Los Angeles dan San Francisco.

Hyperloop yang bertenaga surya akan menjadi struktur tabung atau pipa yang akan meluncurkan kereta berisi penumpang melalui pipa pada kecepatan mendekati 1.000 kilometer per jam.

Ia menulis bahwa sistem tersebut seperti "versi besar dari tabung udara tekan untuk mengirim surat dan paket di dalam atau antara gedung-gedung. Secara prinsip, sistem ini dapat menggunakan kipas angin yang sangat kuat untuk mendorong udara pada kecepatan tinggi melalui sebuah tabung dan melontarkan kereta seukuran manusia dari Los Angeles sampai San Francisco."

Meski masih merupakan sebuah konsep, Hyperloop digambarkan oleh Musk, Mei lalu, sebagai "gabungan antara (pesawat) Concorde, peluncur proyektil elektromagnetik (railgun), dan meja permainan hoki udara (air hockey)".

Musk memperlihatkan kekecewaannya pada kereta kecepatan tinggi yang akan dijalankan antara dua kota besar berjarak 1.500 kilometer tersebut.

"Bagaimana bisa, lokasi Sillicon Valley dan JPL (Laboratorium Propulsi Jet) —yang melakukan hal-hal hebat terkait pengetahuan dan teknologi dan mengirim kendaraan penjelajah ke Mars— akan membangun kereta peluru yang termasuk di antara yang termahal per kilometer dan salah satu yang terlambat di dunia?" tulisnya.

Musk menyatakan bahwa struktur seperti Hyperloop akan menjadi solusi terbaik untuk kedua kota tersebut, yang bisa ditempuh dalam waktu setengah jam.

"Di sekitar titik infleksi tersebut (titik belok pada kurva pertumbuhan), saya kira perjalanan udara supersonik akan menjadi yang tercepat dan termurah," tulisnya.

Musk mengatakan bahwa meski ia merasa ide itu dapat diwujudkan dan kompetitif, ia tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya.

“Saya kira saya seperti bunuh diri dengan menyebut Hyperloop," ujarnya dalam sebuah pertemuan minggu lalu. "Saya tidak memiliki rencana untuk mewujudkannya karena saya masih harus fokus pada SpaceX dan Tesla.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com