Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Bersenjata Serang Masjid di Nigeria

Kompas.com - 13/08/2013, 09:27 WIB
KONDUGA, KOMPAS.COM - Setidaknya 44 orang tewas ditembak pelaku penyerangan bersenjata saat berada di sebuah masjid yang terletak di timur laut Nigeria. Aksi penembakan itu menurut keterangan pejabat setempat terjadi pada Minggu (11/8) subuh meskipun berita tentang ini baru muncul ke media Senin.

Pelaku penembakan dicurigai berasal dari kelompok Islam Boko Haram yang sejak tahun 2009 terus melakukan aksi kekerasan dan menewaskan ribuan orang di wilayah Nigeria bagian utara.

Lokasi serangan terakhir ini sendiri terletak di kota Konduga yang berjarak sekitar 35km dari ibu kota negara bagian Maiduguri.

Harian Daily Post melaporkan selain mengakibatkan 44 orang tewas, aksi penembakan juga mengakibatkan 26 orang lainnya mengalami luka dan mendapat perawatan di rumah sakit di Maiduguri.

Seorang anggota keamanan masyarakat setempat mengatakan kepada Associated Press bahwa empat angota mereka juga tewas ditembak ketika merespon panggilan untuk memberikan bantuan.

Keadaan Darurat

Laporan mengatakan aksi penyerangan juga terjadi di desa Ngom dan menewaskan 12 orang warga sipil. Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan telah menyatakan keadaan darurat di tiga negara bagian yang terletak di kawasan timur laut Nigeria pada Mei lalu.

Dia juga sudah mengerahkan pasukannya memburu kelompok Boko Haram di wilayah itu. Boko Haram merupakan kelompok yang ingin menggulingkan pemerintahan resmi Nigeria dan menciptakan negara Islam di bagian utara negara itu.

Laporan Wartawan BBC di Lagos, Will Ross mengatakan selain menyerang sejumlah gereja, kelompok ini juga kerap menyerang masjid.

Berita penyerangan terakhir datang seiring dengan kemunculan video pimpinan Boko Haram, Abubakar Shekau, yang mengaku bertanggung jawab terhadap sejumlah penyerangan termasuk yang menyasar target militer dan polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com