Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis China Kerap Berulah, Pemerintah Terbitkan Panduan

Kompas.com - 13/08/2013, 08:46 WIB
BEIJING, KOMPAS.COM - Perilaku sejumlah wisatawan China di luar negeri membuat gerah pemerintah. Badan pariwisata nasional China akhirnya mengeluarkan buku panduan bagi calon wisatawan asal China yang akan ke luar negeri.

Buku panduan itu menegaskan sejumlah hal yang tidak pantas dilakukan, antara lain meludah sembarangan, berbicara terlalu keras di tempat umum, atau aksi vandalisme.

Peringatan terakhir ini merujuk pada insiden Mei lalu ketika Ding Jinhao (15) mencoret-coret relief berusia 3.500 tahun di sebuah museum di Luxor, Mesir. ”Ding Jinhao pernah ke sini” dan mengundang kecaman di media sosial.

Tak kurang dari Wakil Perdana Menteri China mengatakan, memperbaiki perilaku warga China adalah salah satu cara memperbaiki citra China di dunia internasional.
Namun, tak semua orang memberi sambutan positif pada buku panduan itu. ABC News memberitakan, seorang penulis perjalanan di blogger-nya menulis, meski perilaku yang baik itu perlu, museum di Luxor tempat Ding mencoret-coret relief dinding itu juga seharusnya memperketat keamanan agar hal seperti itu tidak terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com