Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Ingatkan Jepang soal Pakta Damai dan Persahabatan

Kompas.com - 12/08/2013, 20:08 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — China dan Jepang memang pernah meneken Pakta Damai dan Persahabatan Bilateral pada 1978. Lantaran bukti tertulis itulah, tulis AP pada Senin (12/8/2013), China kembali mengingatkan Jepang. "Kami mengingatkan Jepang," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei.

Menurutnya, pakta pada 1978 itu menjadi penyempurnaan pernyataan bersama bilateral pada 1972. Di dalamnya tertulis kalau kedua negara melanggengkan persahabatan dari generasi ke generasi. "China dan Jepang adalah tetangga dekat yang membangun stabilitas dan pertemanan lama," kata Hong Lei.

Kemudian, lanjut Hong Lei, China dan Jepang pernah menandatangani Deklarasi Bersama 1998. Lalu, kebersamaan itu termaktub pula dalam kemajuan kerja sama pada 2008.

Pernyataan Hong Lei ini memang menyangkut problem Kepulauan Diayou. China menuding Jepang menasionalisasi kepulauan yang disebut pihak Jepang sebagai "Senkaku" itu pada September 2012. Padahal, menurut China, kepulauan itu adalah bagian dari wilayahnya.

Selisih paham ini memang belum tuntas terselesaikan. Kedua belah pihak masih terus mengupayakan dialog demi mencapai kata sepakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com