Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Akan Bebaskan 26 Tawanan Palestina

Kompas.com - 12/08/2013, 10:03 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.COM - Pemerintah Israel menyetujui pembebasan 26 tawanan Palestina, sebagai bagian dari kesepakatan kelanjutan pembicaraan damai pekan depan. Daftar nama tawanan yang terpilih oleh komite kementerian telah dipublikasikan pada Minggu malam (11/08).

Para tawanan akan dibebaskan hari Selasa (13/08). Penundaan ini memberikan keluarga korban waktu untuk mengajukan gugatan.

Pengumuman ini datang setelah pemerintah Palestina menuduh Israel berusaha menyabotase pembicaraan damai dengan mengizinkan pembangunan 1.200 rumah permukiman baru.

Seorang juru bicara pemerintah Israel mengabaikan kritik tersebut dan mengatakan setiap inisiasi damai sejauh ini menganjurkan agar permukiman yang dipermasalahkan menjadi teritori Israel.

Warga Palestina bersedia menerima pertukaran lahan ini. Sekitar 500 ribu warga Yahudi tinggal di lebih dari 100 permukiman yang dibangun sejak pendudukan Israel atas Tepi Barat dan Yerusalem Timur pada 1967.  Permukiman itu dinilai ilegal dibawah hukum internasional, meski Israel membantahnya.

Pada hari Minggu, sebuah pernyataan dari kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan bahwa 26 tawanan akan dibebaskan.

Empat belas orang diantaranya akan dipulangkan ke Jalur Gaza dan 12 orang lainnya ke Tepi Barat. Delapan orang dijadwalkan bebas dalam tiga tahun dan dua orang lainnya dibebaskan dalam enam bulan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com