Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Rudd Dituduh "Curang" dalam Debat Pemilu

Kompas.com - 12/08/2013, 08:50 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

CANBERRA, KOMPAS.COM — Perdana Menteri Australia Kevin Rudd dituduh berbuat "curang" membaca catatan ketika berbicara dalam debat pemilu dengan pemimpin oposisi Tony Abbott, Minggu (11/8/2013) malam. Namun, menurut seorang juru bicaranya, Kevin Rudd tidak bermaksud melanggar aturan debat.

Dalam aturan menjelang debat, Partai Buruh dan Liberal sudah menyetujui bahwa catatan tidak boleh digunakan selama debat satu jam tersebut. Menurut laporan media, Rudd tidak membawa catatan apa pun ketika berjabat tangan dengan Abbott sebelum perdebatan dimulai. Namun, di podiumnya terdapat folder berisi kertas.

Setelah debat berakhir, Rudd menyerahkan folder tersebut kepada putrinya, Jessica. Ketika dimintai komentar atas masalah ini, hari Senin pagi di Melbourne, Tony Abbott mengatakan "aneh" bahwa PM Rudd membawa catatan padahal sudah disarankan untuk tidak melakukannya. "Menarik memang bahwa Rudd hadir dengan sejumlah kertas dan dia tampak membaca catatan, di awal dan penutupan debat," kata Abbott kepada radio Gold 104 FM.

"Memang rasanya sedikit aneh karena aturannya mengatakan tidak. Namun, dia masih membawa catatan," tambah Abbott. Meski demikian, ia melanjutkan bahwa yang lebih penting adalah mereka bisa berbicara langsung kepada rakyat Australia mengenai rencana mereka terhadap masa depan negeri ini.

Setelah debat, juru bicara PM Rudd mengatakan bahwa Rudd tidak memiliki niat sama sekali untuk melanggar aturan debat. "PM hadir di podium di hadapan seluruh peserta. Tidak ada yang protes sama sekali. Kami kira aturannya adalah tidak boleh menggunakan alat bantu lain." 

Menurut laporan koresponden Kompas.com di Australia, L Sastra Wijaya, debat pada Minggu malam itu merupakan yang pertama. Namun masih belum ada kejelasan apakah bakal ada debat lainnya menjelang pemilu 7 September.

PM Rudd mendesak agar debat diadakan setiap minggu, yang akan dipandu oleh tiap-tiap jaringan televisi besar di Australia. Sementara itu, Abbott menghendaki adanya dua forum komunitas, satu di Sydney dan yang lainnya di Brisbane.

Mengenai siapa yang "menang" dalam debat, televisi Channel 9 mengatakan bahwa Rudd menang 59-41, sementara Channel 7 mengatakan Abbott menang 60-32.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com