Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiong Akhirnya Gagal Bakar Bus Umum

Kompas.com - 10/08/2013, 20:21 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Diam-diam, pria bermarga Xiong, kemarin, naik bus umum berbekal sejeriken bensin. Bus itu bernomor jalur 84 di Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan, Barat Daya China.

Tanpa banyak basa-basi, ia menuangkan bahan bakar itu di lantai bus bagian belakang, tulis
Xinhua pada Sabtu (10/8/2013). Saat menyalakan korek api untuk membakar bensin itu, sopir bus memergoki kelakuan Xiong.

Jadilah, sopir segera membuka pintu dan menyuruh semua penumpang turun. Kepanikan itu berbuah kesempatan bagi sopir dan beberapa penumpang menangkap Xiong. Pembakaran bus pun batal.

Polisi yang datang ke tempat kejadian dengan mudah menggelandang Xiong. "Tidak ada korban dalam kasus ini,"kata pernyataan kepolisian Kunming.

Hingga berita ini diunggah, polisi masih mendalami kasus ini. Xiong dijebloskan ke tahanan dengan sangkaan membahayakan masyarakat umum dengan tindakannya itu.

Kasus dugaan pembakaran bus, sebelumnya, terjadi di Xiamen pada 7 Juni 2013. Insiden itu menewaskan 47 orang dan melukai 34 lainnya.

Polisi Xiamen, dalam investigasinya mengatakan ada dugaan pelaku pembakaran itu adalah salah seorang penumpang bernama Chen Shuizong. Namun, Chen Shuizong termasuk dalam daftar korban tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com