Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok Syiah Lawan Suni Tewaskan 12 Orang

Kompas.com - 09/08/2013, 21:34 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Bentrokan bersenjata sektarian antara kelompok syiah melawan suni di Saada, Yaman, sudah menewaskan 12 orang. Kekerasan itu terjadi, tulis AP pada Jumat (9/8/2013) tatkala kelompok syiah, Al Houthi, menyerang permukiman kelompok sunni, Salafi. Phak syiah memberi tenggat agar kelompok Salafi meninggalkan permukiman mereka.

Alhasil, lantaran tenggat itu tak dipedulikan, baku tembak pun pecah. "Korban tewas termasuk tiga perempuan dan tiga anak-anak,"kata pernyataan pihak Salafi.

Saksi mata mengatakan kelompok penyerang menggunakan persenjataan berat. Ini adalah serangan kali kedua dalam 24 jam setelah sebelumnya kelompok syiah membunuh lima orang warga sunni di Dammaj, masih di wilayah Saada.

Tiga tahun


Tercatat sudah tiga tahun lamanya konflik bersenjata sektarian terjadi di Saada. Di kawasan ini, basis kelompok syiah terbilang kuat.

Saada adalah wilayah Yaman yang berbatasan dengan Arab Saudi. Kelompok syiah mengontrol beberapa provinsi di wilayah ini. Sejatinya, sudah ada perjanjian gencatan senjata pada Agustus 2010 demi menghentikan konflik bersenjata sejak 2004.

Pertikaian sektarian di Saada menjadi perhatian PBB. Bersama dengan pemerintah Yaman, PBB menjembatani dialog rekonsiliasi. Dialog sudah dimulai sejak Maret 2013 dan berlangsung hingga enam bulan ke depan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com