Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Kirim Kapal Perang ke Gibraltar di Tengah Pertikaian Diplomatik

Kompas.com - 09/08/2013, 12:31 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Sebuah kapal perang angkatan laut Inggris akan berlayar ke Gibraltar yang merupakan wilayah Inggris di dekat Spanyol dalam beberapa minggu mendatang. Pengiriman kapal perang itu bertepatan dengan pertikaian diplomatik dengan Spanyol, walau para pejabat Inggris pada Kamis (8/8/2013) mengatakan bahwa pelayaran merupakan kunjungan rutin dan telah direncanakan lama.

Konflik yang telah berusia berabad-abad terkait pos Inggris itu memuncak pada akhir Juli ketika sejumlah kapal Gibraltar membuang blok-blok beton ke laut untuk membuat terumbu karang. Beberapa hari kemudian Spanyol membuat penundaan yang lama di perbatasan dengan melakukan pemeriksaan mobil yang panjang.

Tiga kapal angkatan laut Inggris, termasuk kapal HMS Westminster, akan mengunjungi pos itu sebagai bagian dari pengerahan tahunan yang dikenal sebagai "Cougar", kata Kementerian Pertahanan Inggris. "Kunjungan yang akan datang oleh kapal-kapal itu yang membentuk Cougar 13, yang mencakup HMS Westminster dan kapal-kapal Royal Fleet Auxiliary, yaitu Lyme Bay dan Mounts Bay, merupakan sesuatu yang biasa," kata pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris.

Seorang juru bicara kementerian itu menekankan kunjungan tersebut tidak terkait dengan masalah perbatasan dan mengatakan bahwa ia tidak dapat mengonfirmasi kapan tepatnya kapal-kapal akan tiba di Gibraltar.

Perdana Menteri Inggris David Cameron dan rekan Spanyol-nya, Mariano Rajoy, berbicara pada Rabu dan sepakat untuk mengendalikan dan menenangkan ketegangan. Kantor Cameron mengatakan, ia telah memberitahu Rajoy tentang kunjungan Angkatan Laut Inggris itu dalam pembicaraan telepon mereka.

"Ini kunjungan rutin yang berlangsung setiap tahun dan telah dijadwalkan dengan baik sebelumnya," kata juru bicara pertahanan Gibraltar, Julia Wilde.

Manuver militer Cougar juga terjadi pada 2012 dan melibatkan jumlah kapal yang sama yang mengunjungi Gibraltar. Kapal-kapal Angkatan Laut Inggris juga akan mengunjungi sejumlah pelabuhan di Spanyol serta Portugal dan Malta, kata pihak Kementerian Pertahanan Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com